Digital Versatile Disc
Upaya Guru Dalam Menerapkan Karakter Disiplin Untuk Mencegah Bullying di Kelas 3 MI Salafiyatul Huda 1 Pegambiran Cirebon
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perilaku tidak disiplin dan meningkatnya kasus bullying di lingkungan sekolah baik itu bullying secara verbal maupun non verbal. Faktor penyebab bullying adalah kurangnya pengetahuan siswa tentang dampak bullying, kurangnya karakter disiplin siswa, dan banyak siswa yang merasa lebih kuat dari siswa lainnya. Tujuan penelitian ini yaitu 1). Mendeskripsikan karakter disiplin siswa di kelas III MI Salafiyatul Huda 1 Pegambiran Cirebon 2). Mendeskripsikan upaya guru dalam menerapkan karakter disiplin untuk mencegah bullying di kelas III MI Salafiyatul Huda 1 Pegambiran Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data dengan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, trianggulasi data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa karakter disiplin siswa di MI Salafiyatul Huda 1 Pegambiran Cirebon menunjukan adanya keragaman seperti siswa datang ke sekolah tepat waktu, mengikuti seluruh kegiatan sekolah dan menaati tata tertib sekolah hal itu menunjukan bahwa siswa telah melakukan prilaku disiplin yang baik. Serta upaya yang dilakukan oleh guru kelas yaitu memanggil pelaku dan korban untuk dimintai keterangan, mencari faktor penyebab dari prilaku bullying, memberikan hukuman mendidik kepada pelaku bullying, memberikan motivasi kepada korban bullying, dan memanggil orang tua pelaku dan korban bullying.
257307029 | K PGMI-25029 IRM u | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain