Digital Versatile Disc
Pengaruh Kualitas Layanan, Fitur Aplikasi, dan Kemudahan Transaksi terhadap Kepuasan Pengguna BYOND by BSI pada Generasi Z Kota Cirebon
Perkembangan teknologi informasi yang pesat dalam dua dekade terakhir
telah mendorong terjadinya transformasi signifikan dalam industri perbankan,
termasuk perbankan syariah. Digitalisasi mendorong lembaga keuangan untuk terus
berinovasi guna memenuhi tuntutan pasar yang semakin dinamis, terutama dari
kalangan Generasi Z yang sangat akrab dengan teknologi. Salah satu inovasi yang
dilakukan oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk adalah pengembangan aplikasi
mobile banking BYOND by BSI yang menggantikan aplikasi sebelumnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, fitur aplikasi,
dan kemudahan transaksi terhadap kepuasan pengguna aplikasi BYOND by BSI
pada Generasi Z di Kota Cirebon.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan
metode survei. Sasaran dari penelitian ini adalah individu dari generasi Z yang
berdomisili di Kota Cirebon dan merupakan pengguna aplikasi BYOND by BSI.
Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling,
khususnya menggunakan teknik purposive sampling. Penentuan jumlah sampel
mengacu pada rumus Lemeshow, yang menghasilkan total 100 responden. Data
dikumpulkan melalui penyebaran angket berupa kuesioner secara daring
menggunakan media Google Form. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis
dengan metode regresi linier berganda menggunakan perangkat lunak Statistical
Package for the Social Sciences (SPSS) versi 26.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan berpengaruh
signifikan namun negatif terhadap kepuasan pengguna, yang mengindikasikan
bahwa semakin tinggi ekspektasi pengguna terhadap layanan yang diberikan, maka
ketika layanan tersebut tidak terpenuhi dengan baik justru dapat menurunkan
kepuasan. Sebaliknya, fitur aplikasi dan kemudahan transaksi berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan pengguna. Dari ketiga variabel yang diuji,
kemudahan transaksi menjadi variabel yang paling dominan dalam memengaruhi
kepuasan pengguna, ditandai dengan koefisien regresi paling tinggi. Hal ini
menunjukkan bahwa pengguna sangat menghargai proses transaksi yang cepat,
sederhana, dan bebas hambatan. Hasil uji F juga membuktikan bahwa ketiga
variabel secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna
aplikasi BYOND by BSI.
257203192 | K-PS 25192 MOH P | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain