Digital Versatile Disc
Pengaruh Inovasi Produk Dan Pelayanan Pembiayaan Bsi Oto Dengan Akad Murabahah Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Terhadap Nasabah Di Bsi Kcp Jatibarang)
Bank syariah dalam menjalankan usahanya menggunakan pola bagi hasil yangmerupakan landasan utama segala operasinya, baik dalam produk pendanaan,
pembiayaan maupun dalam produk lainnya. Produk- produk bank syariah mempunyai
kemiripan tetapi tidak sama dengan produk bank konvensional karena adanyapelarangan riba, gharar dan maysir. Oleh karena itu produk-produk pendanaandanpembiayaan pada bank syariah harus menghindari unsur-unsur yang dilarang tersebut.
Tujuan dari penelitian ini untyk mengetahui perlakuan akuntansi, pembiayaanmusyarakah dalam menerapkan PSAK No.106 di BSI KCP Indramayu. Metodepenelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang memungkinkan peneliti
untuk memahami fenomena yang terjadi di lapangan melalui wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip bagi hasil
dalam produk pembiayaan musyarakah telah dilakukan sesuai dengan PSAKNo. 106.
Namun, terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi, seperti kesulitan dalammenetapkan rasio bagi hasil yang adil, kebutuhan akan transparansi dalampelaporankeuangan, dan keterbatasan dalam pengungkapan informasi yang relevan.
Penelitian ini menekankan pentingnya dokumentasi yang baik dan analisis kualitatif
untuk memahami praktik akuntansi yang diterapkan, serta memberikan rekomendasi
untuk meningkatkan kepercayaan pemangku kepentingan terhadap produkpembiayaan musyarakah. Disarankan mengembangkan sistem informasi akuntansi
yang lebih baik untuk mendukung transparansi dan akurasi dalam laporan keuangan,
meningkatkan transparansi dalam pengungkapan informasi termasuk penyajian yangjelas mengenai kas dan aset yang terkait dengan investasi musyarakah untukmeningkatkan kepercayaan nasabah.
257203162 | K-PS 25162 GIT P | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain