Digital Versatile Disc
Pengaruh Endorsement Dan Brand Trust Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Scarlett Whitening (Studi Mahasiswa Febi Iain Syekh Nurjati Cirebon Tahun 2021)
Dari tahun ke tahun, kebiasaan baik masyarakat Indonesia untuk merawat
dan mempercantik diri semakin tinggi. Namun, marak juga produk palsu atau
tiruan yang beredar sehingga berdampak negatif pada brand trust bisnis produk
kecantikan di Indonesia. Saat ini, persaingan bisnis produk kecantikan semakin
ketat dan semakin banyak gaya komunikasi persuasif untuk memaksimalkan
keunggulan produk kecantikan melalui inovasi endorsement yang berkelanjutan.
Dengan memberikan pesan “Reveal Your Beauty” Scarlett berusaha untuk
semakin dipercaya oleh konsumen dan menjadi solusi terbaik dalam
meningkatkan kepercayaan diri konsumen untuk berani untuk mendapatkan
kecantikan dengan maksimal melalui produk Scarlett Whitening. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh endorsement dan brand trust
terhadap minat beli konsumen pada produk scarlett whitening, dengan objek
penelitiannya yaitu mahasiswa FEBI IAIN Syekh Nurjati Cirebon tahun 2021.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan
data melalui dokumentasi dan penyebaran kuisioner penelitian. Sampel pada
penelitian ini adalah 86 responden pedagang pasar induk sandang tegal gubug.
Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis regresi
linear berganda menggunakan bantuan software IBM SPSS versi 24.
Hasil yang ditemukan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh
penggunaan Endorsement secara parsial terhadap Minat Beli Konsumen pada
mahasiswa FEBI IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2021 dengan besaran pengaruh
parsial sebesar 31,7% dan terdapat pengaruh penggunaan Brand Trust secara
parsial terhadap Minat Beli Konsumen pada mahasiswa FEBI IAIN Syekh Nurjati
Cirebon 2021 dengan besaran pengaruh parsial sebesar 31,4%, Secara simultan
variabel endorsement dan brand trust bersama-sama mempengaruhi minat beli
konsumen pada produk scarlett whitening sebesar Fhitung (71,285) > Ftabel (2.37)
dan hasil dari uji koefisien determinan (R2
) variabel endorsement dan brand trust
dengan nilai sebesar 63,2%, sedangkan sisanya 36,8% dipengaruhi oleh faktor
lain. Hal ini menunjukkan bahwa endorsement dan brand trust berpengaruh positif
dan signifikan terhadap minat beli produk Scarlett Whitening. Kedua variabel
tersebut secara simultan menunjukkan bahwa strategi promosi dan kepercayaan
merek merupakan faktor penting dalam mendorong keputusan pembelian
konsumen.
| 257203159 | K-PS 25159 MUH P | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain