Digital Versatile Disc
Pengaruh Promosi, Sosialisasi Dan Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Ib Hijrah Haji Di Bank Muamalat Indonesia Kcp Arjawinangun
Saat ini, perbankan syariah di indonesia mengalami perkembangan yang
sangat pesat. Perkembangan ini menunjukan bahwa masyarakat Indonesia mulai
mempertimbangkan perbankan syariah sebagai alternatif untuk melakukan
transaksi keuangan. Disamping itu, bank umum syaraih pertama di Indonesia
adalah Bank Muamalat Indonesia. Bank Muamalat menawarkan berbagai produk,
termasuk pembiayaan deposito, investasi dan tabungan. Salah satu produk unggulan
pada Bank Muamalat yaitu tabungan iB hijrah haji.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dengan pendekatan survei.
Adapun teknik pengambilan sempel secara non-probability dengan metode
purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat
KCP Arjawinangun yang menggunakan produk tabungan iB hijrah haji dengan
jumlah sampel sebanyak 99 responden. Proses pengujian dibantu menggunakan
aplikasi IBM SPSS Statistic versi 26.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, variabel promosi (X1) memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan produk
tabungan iB hijrah haji dengan pengaruh parsial sebesar 4%. Variabel sosilalisasi
(X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah
menggunakan produk tabungan iB hijrah haji dengan pengaruh parsial sebesar 43%.
Variabel pelayanan (X3) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat
nasabah menggunakan produk tabungan iB hijrah haji dengan pengaruh parsial
sebesar 18%. Hasil uji simultan (uji F) menunjukan bahwa variabel promosi,
sosialisasi dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
nasabah menggunakan produk tabungan iB hijrah haji dengan pengaruh simultan
sebesar 65%.
Kata kunci: Promosi, Sosialisasi, Pelayanan, Minat nasabah dan Bank Muamalat
257203157 | K-PS 25157 NAN P | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain