Digital Versatile Disc
Pengaruh Service Excellence Dan Word Of Mouth Terhadap Reputasi Perusahaan Di Bank Bjb Syariah Kc Cirebon
Reputasi perusahaan dalam industri perbankan syariah merupakan aspek
penting yang dipengaruhi oleh service excellence dan komunikasi nasabah (word of
mouth). Penurunan jumlah nasabah di Bank BJB Syariah KC Cirebon pada tahun
2023 menjadi tantangan dalam mempertahankan reputasi perusahaan, meskipun
bank telah meraih sejumlah penghargaan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana pengaruh service excellence dan word of mouth terhadap
reputasi perusahaan, baik secara parsial maupun simultan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei.
Sampel sebanyak 98 responden ditentukan melalui rumus Slovin, dengan teknik
pengambilan random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner,
dan analisis menggunakan software SmartPLS versi 4.0 serta uji regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Service Excellence
berpengaruh signifikan terhadap Reputasi Perusahaan dengan nilai P-Value 0,000
(< 0,05). Sebaliknya, variabel Word of Mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap
Reputasi Perusahaan karena memiliki nilai probability sebesar 0,541 (>0,05).
Namun, secara simultan, kedua variabel tersebut memberikan pengaruh signifikan
terhadap Reputasi Perusahaan dengan nilai F hitung sebesar 7,470 dan P-Value
0,000 (< 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan service excellence
dan pengelolaan WOM secara positif dapat memperkuat reputasi bank di mata
masyarakat.
257203136 | K-PS 25136 RIS P | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain