Digital Versatile Disc
Analisis Implementasi Total Quality Manajemen Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Bsi Kcp Plered 2
Kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan
berkualifikasi dalam bidang perbankan syariah menjadi suatu tantangan yang masih
dihadapi industri ini Kualitas sumber daya manusia merupakan aspek krusial yang
berpengaruh besar terhadap keberhasilan sebuah bank syariah. Untuk itu, bank
syariah menerapkan Total Quality Management untuk mengelola dan memastikan
mutu produk serta jasa yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis implementasi Total Quality Management dalam upaya meningkatkan
kinerja karyawan di BSI KCP Plered 2, mengidentifikasi permasalahan yang
muncul selama implementasi Total Quality Management di BSI KCP Plered 2, serta
menyusun prioritas dalam penerapan Total Quality Management di BSI KCP Plered
2.
Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode analisis
deskriptif. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder.
Untuk mengumpulkan data, teknik yang digunakan adalah wawancara dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui metode CARL yang mencakup
capability, accesibility, readiness, dan leverage. Untuk memastikan keabsahan
data, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, yang melibatkan pengecekan
kebenaran data dari beberapa informan tertentu serta triangulasi teori untuk
membandingkan rumusan informasi atau pernyataan tesis dengan perspektif teori
yang relevan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa 10 unsur yang menjadi inti dari
Total Quality Management antara lain pendekatan ilmiah, obsesi terhadap kualitas,
fokus pelanggan, komitmen jangka panjang, pendidikan dan pelatihan (education
and training), kerjasama (teamwork), proses perbaikan yang berkelanjutan
(continous improvement process), keterlibatan karyawan (employee emplovement),
pengakuan dan penghargaan (recognition and reward), dan kesatuan tujuan di BSI
KCP Plered 2 sudah terimplementasi dengan baik. Namun dalam implementasinya
ada beberapa kendala yang peneliti temukan seperti aplikasi BYOND masih dalam
tahap pengembangan, pelayanan yang kurang efisien, pelatihan yang belum ideal,
penyelesaian masalah yang kurang efisien, dan kurangnya frontliner. Hasil analisis
CARL menunjukkan bahwa permasalahan pelayanan yang kurang efisien,
kurangnya frontliner, dan pelatihan yang belum ideal menjadi 3 prioritas masalah
yang perlu diperhatikan perusahaan.
Kata Kunci : total quality management, kinerja karyawan, implementasi
257203134 | K-PS 25134 DIN A | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain