Digital Versatile Disc
Analisis Persepsi Nasabah Terhadap Pembiayaan Musyarakah Di Bmt Alfa Dirham Mandiri Dukupuntang
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan sering kali pengusaha mikro
mengambil jalur pragmatis dengan mencari pembiayaan dari lembaga keuangan
informal seperti rentenir untuk memenuhi kebutuhan keuangannya dikarenakan
kurangnya pemahaman masyarakat terhadap pembiayaan bagi hasil yang
dipengaruhi oleh persepsi negatif yang tidak jelas sumbernya. Penelitian dilakukan
dengan tujuan untuk ntuk menganalisis persepsi nasabah dan faktor-faktor yang
mempengaruhinya terhadap pembiayaan musyarakah yang diberikan oleh BMT
Alfa Dirham Mandiri Dukupuntang dan upaya yang dilakukan dalam meningkatkan
kualitas pembiayaan musyarakah. Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan
pendekatan kualitatif melalui pengumpulan data primer dan data sekunder. Data
primer yang diperoleh observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data sekunder
diperoleh melalui literature yang relevan dengan fokus penelitian. Teknik yang
digunakan yaitu teknik keabsahan data dan teknik analisis data. Teknik keabsahan
yang digunakan yaitu credibility, transferability, dependability, dan confirmability.
Teknik analisa data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan
dan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa persepsi nasabah terhadap pembiayaan
musyarakah di BMT Alfa Dirham Mandiri Dukupuntang mendapatkan respon yang
positif. Persepsi nasabah dipengaruhi oleh kualiatas produk atau layanan,
komunikasi yang efektif, pengalaman pribadi, faktor budaya atau sosial, persepsi
keyakinan, persepsi keamanan, target dan situasi, dan persepsi kepatuhan syariah.
Dan upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas pembiayaan bagi hasil
memiliki beberapa strategi, yaitu: Mengedukasi Nasabah, Promosi dan Sosialisasi
(Hal itu digunakan dalam strategi pemasaran); Lalu strategi yang digunakan untuk
meningkatkan kualitasnya yaitu menggunakan Transparansi kepada nasabah,
Mendahulukan nasabah yang memiliki usaha sudah berjalan lebih dari 3 bulan,
Kemudahan dalam proses pengajuan, Berkomunikasi yang baik dengan nasabah.
257203124 | K-PS 25124 IST A | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain