Digital Versatile Disc
Implementasi Pelayanan Online Melalui Muamalat Din Dalam Rangka Meningkatkan Loyalitas Nasabah Pada Bank Muamalat Kc Sumber
Bank Muamalat KC Sumber menghadapi tantangan yang cukup signifikan
dalam upaya meningkatkan loyalitas nasabah melalui implementasi layanan online
Muamalat DIN. Salah satu permasalahan utama yang ada bersumber dari faktor
eksternal yang dimana nasabah kerap kali mengalami aplikasi terblokir yang
diakibatkan karena lupa kata sandi, PIN (Personal Identification Number) atau TIN
(Transaction Identification Number). Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis secara mendalam mengenai implementasi pelayanan online melalui
Muamalat DIN, penelitian ini juga mengidentifikasikan faktor penghambat dalam
pelaksanaan pelayanan online baik itu dari segi teknis maupun yang berasal dari
persepsi nasabah. Selain itu, penelitian ini juga berfokus pada strategi
pengembangan pelayanan online yang dilakukan oleh Bank Muamalat KC Sumber
dalam rangka meningkatkan loyalitas nasabah.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif yang menyajikan
data dalam bentuk kata atau gambar dari sumber tertentu. Jenis penelitian ini
bersifat deskriptif, dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan
merupakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini ialah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis
data peneliti menggunakan teknik mereduksi data, menyajikan data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya implementasi Muamalat DIN
terkait dengan aksesibilitas, seperti pembukaan rekening dari rumah, penggunaan
fitur transaksi yang menarik dan kemudahan penggunaan yang dapat dilakukan
dimanapun dan kapanpun, implementasi pelayanan online melalui Muamalat DIN
telah berjalan dengan maksimal guna memberikan kemudahan kepada nasabah
karena memberi kemudahan akses melalui desain yang simpel dan menarik,
menyediakan fitur yang sesuai dengan kebutuhan nasabah baik transaksional
maupun non-transaksional dan memberikan kemudahan dengan dapat diakses
dimanapun dan kapanpun ketika nasabah membutuhkannya. Hambatan yang
ditemukan terkait kendala teknis seperti aplikasi yang terblokir, kendala berasal dari
faktor eksternal karena nasabah salah memasukkan kata sandi, PIN ataupun TIN.
Meskipun demikian, loyalitas nasabah tetap terjaga karena aplikasi Muamalat DIN
mempermudah nasabah dalam bertransaksi. Strategi yang digunakan oleh Bank
Muamalat KC Sumber seperti edukasi langsung kepada nasabah, pengembangan
fitur yang inovatif dan promosi langsung. Strategi pengembangan yang dinilai
paling baik dan di adopsi oleh Bank Muamalat KC Sumber ialah promosi secara
langsung karena dapat meningkatkan pemahaman dan loyalitas nasabah terhadap
pelayanan perbankan online melalui Muamalat DIN.
| 257203118 | K-PS 25118 khoi i | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain