Digital Versatile Disc
Pengaruh Pemahaman Perpajakan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Pelaku E-Commerce Dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan (Studi Kasus Pelaku E-Commerce Di Kabupaten Cirebon Pada Platform Marketplace Shopee)
Pesatnya perkembangan ekonomi digital telah mendorong peningkatan transaksi online, namun tingkat kepatuhan pajak di sektor ini masih tergolong rendah. Beberapa hambatan utama yang dihadapi dalam meningkatkan kepatuhan pajak di kalangan pelaku e-commerce meliputi kurangnya pemahaman terkait aturan perpajakan, minimnya sosialisasi dari otoritas pajak, serta persepsi bahwa pajak merupakan beban yang mengurangi profitabilitas usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana pemahaman perpajakan dan tingkat kesadaran wajib pajak mempengaruhi kepatuhan pajak di sektor e-commerce. Studi ini berfokus pada pelaku usaha yang menjalankan bisnis melalui platform Shopee di Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik sampel jenuh, dimana sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu terdiri dari 45 pelaku usaha yang aktif berjualan di Shopee dan berdomisili di Kabupaten Cirebon. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara daring, kemudian dianalisis secara statistik dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa: hasil uji t pada pemahaman perpajakan memiliki nilai thitung 3,019 > 2,018 yang artinya bahwa pemahaman perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan pelaku e-commerce dalam memenuhi kewajiban perpajakan (H1) diterima. Lalu, hasil uji t pada kesadaran wajib pajak memiliki nilai thitung 5,315 > 2,018 yang artinya bahwa kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan pelaku e-commerce dalam memenuhi kewajiban perpajakan (H2) diterima. Selanjutnya, nilai fhitung sebesar 28,818 menunjukkan bahwa variabel Pemahaman Perpajakan (X1) dan Kesadaran Wajib Pajak (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Y) pada pemahaman perpajakan dan kesadaran wajib pajak, maka secara simultan pemahaman perpajakan dan kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan pelaku e-commerce dalam memenuhi kewajiban perpajakan (H3) diterima. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa peningkatan pemahaman mengenai perpajakan serta peningkatan kesadaran wajib pajak berperan penting dalam mendorong kepatuhan pajak di sektor e-commerce.
257205046 | K AKS 25046 | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain