Digital Versatile Disc
Strategi Inkubator Bisnis Digicubes Dalam Meningkatkan Kinerja Usaha Mikro Kecil Melalui Digital Marketing Di Kota Cirebon
Transformasi digital menjadi tantangan besar bagi Usaha Mikro Kecil (UMK), termasuk di kota Cirebon yang menunjukkan tingkat adopsi digital yang masih rendah. UMK di kota Cirebon menghadapi hambatan dalam memanfaatkan dan mengembangkan strategi digital marketing yang efektif. Digicubes hadir sebagai solusi strategis dengan memberikan pelatihan, pendampingan dan akses pada ekosistem digital guna meningkatkan kinerja UMK melalui digital marketing. Namun, efektivitas strategi ini dalam konteks lokal Cirebon masih memerlukan analisis mendalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang difokuskan pada UMK binaan Digicubes di Kota Cirebon. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah tematik dengan model Miles dan Huberman dan dibantu menggunakan perangkat lunak NVivo Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inkubator Bisnis Digicubes memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja usaha mikro kecil (UMK) di Kota Cirebon melalui pendekatan digital marketing. Program yang dijalankan Digicubes, seperti pelatihan dan pendampingan intensif, terbukti membantu pelaku usaha memahami strategi pemasaran digital secara lebih sistematis dan aplikatif. Strategi yang diterapkan meliputi peningkatan kapasitas pelaku UMK dalam penggunaan media sosial dan platform digital lainnya untuk memperluas jangkauan pasar. Berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi, sebagian besar UMK binaan Digicubes mengalami peningkatan pendapatan dan jangkauan pasar setelah mengikuti program dari Digicubes. Hal ini menunjukkan bahwa strategi Digicubes yang diterapkan efektif dalam mendorong pemanfaatan digital marketing bagi UMK secara nyata dan terukur di Kota Cirebon.
257204168 | K EKOS-25168 AMA s | Perpustakaan Pusat (lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain