Digital Versatile Disc
Pengaruh Literasi Halal Food Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kesadaran Konsumsi Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Konsumen Wizzmie)
Menjamurnya produk asing di Indonesia telah menyebabkan penduduk indonesia memiliki pemilihan produk yang beragam. Di satu sisi, masyarakat memiliki banyak pilihan yang tersedia. Sementara itu di sisi lain, masyarakat harus memperhatikan kehalalan suatu produk. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan literasi atau pemahaman halal tentang produk yang dikonsumsi masyarakat. Akan tetapi, tingkat pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap halal food masih relatif rendah, Kebanyakan orang- orang hanya mengetahui status halal atau halal dari suatu produk berdasarkan label, tetapi tidak selalu produk halal karena dapat dilihat pada label, sehingga diperlukan cara mengedukasi yang dikenal dengan literasi halal food. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi halal food (X1) dan religiusitas (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) dengan kesadaran konsumsi (Z) sebagai variabel mediasi pada konsumen Wizzmie. Penelitian merupakan Jenis penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif dengan data yang diperoleh dari sumber primer dan sekunder. Populasi penelitian meliputi konsumen Wizzmie di wilayah Cirebon yang pernah melakukan pembelian minimal 1 kali dalam 3 bulan, baik online maupun offline. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada responden, dengan jumlah sample 96 yang didapatkan berdasarkan rumus Purposive Sampling. Analisis data dilakukan menggunakan uji Outer model dan inner model untuk menguji hubungan langsung maupun tidak langsung antar variabel, yang diolah dengan bantuan aplikasi SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi halal food (X1) dan religiusitas (X2) tidak berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian (Y) produk Wizzmie. Hal ini terlihat dari nilai koefisien sebesar 0, 043, T statistik 0,329 yang berada di bawah nilai kritis 1,96, dan P value 0,371 lebih besar dari 0,05, Hasil menunjukkan bahwa Pengaruh literasi halal food terhadap keputusan pembelian menunjukkan hasil yang tidak terlalu signifikan. Hasil juga menunjukkan bahwa pengaruh religiusitas (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) menunjukkan hasil yang tidak terlalu signifikan, Hal ini terlihat dari nilai koefisien sebesar 0,080, T statistik 0,625 yang berada di bawah nilai kritis 1,96, dan P value 0,266 (>0,05). Namun Literasi halal food (X1) dan Religiusitas (X2) memiliki pengaruh tidak langsung (full mediation) terhadap keputusan pembelian (Y) yang signifikan melalui variabel mediasi, yaitu kesadaran konsumsi (Z). Hal ini terlihat dari nilai koefisien sebesar 0,216, T statistik 2,795 (>1.96), dan P value 0.003 (1.96), dan P value 0.003 (
257204156 | K EKOS-25156 FAT p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain