Digital Versatile Disc
Pengaruh Lingkungan Bisnis, Inovasi, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Ukm Batik Di Desa Trusmi Kulon Kabupaten Cirebon
Keberadaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia ternyata mampu memberikan dampak positif bagi perekonomian bangsa, khususnya dalam mengurangi jumlah pengangguran. Salah satu UKM yang patut mendapat perhatian adalah para UKM yang bergerak dalam industri batik. Kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan lembaga pendidikan sangat penting untuk menciptakan ekosistem kewirausahaan yang lebih baik. Dengan dukungan yang tepat, kewirausahaan di Indonesia dapat terus tumbuh dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lingkungan bisnis, inovasi dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran UKM Batik di Desa Trusmi Kulon Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif serta menggunakan teknik sensus atau sampel jenuh. Populasi pada penelitian ini adalah UKM Batik di Desa Trusmi Kulon Kabupaten Cirebon dengan jumlah sampel sebanyak 44. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Analisis data dilakukan menggunakan uji instrumen, uji deskriptif, uji asumsi klasik, uji korelasi parsial, regresi linear berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi, uji ini diolah dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel lingkungan bisnis (X1) berpengaruh terhadap kinerja pemasaran (Y) maka H01 ditolak Ha1 diterima. Variabel Inovasi (X2) berpengaruh terhadap kinerja pemasaran (Y) maka H01 ditolak Ha1 diterima. Variabel keunggulan bersaing (X3) tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran (Y) maka H01 diterima Ha1 ditolak. Variabel lingkungan bisnis (X1), inovasi (X2), dan keunggulan bersaing (X3) secara simultan memiliki pengaruh terhadap kinerja pemasaran (Y) UKM Batik di Desa Trusmi Kulon Kabupaten Cirebon. Uji koefisien determinasi menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,568 atau 56,8%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh variabel lingkungan bisnis (X1), inovasi (X2), keunggulan bersaing (X3) secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja pemasaran (Y) maka artinya Ha diterima H0 ditolak.
257204126 | K EKOS-25126 DEA p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain