Digital Versatile Disc
Analisis Praktik Jual Beli Online Mystery Box Di Marketplace Tokopedia Dalam Perspektif Fiqh Muamalah
Maraknya aplikasi e-commerce portal belanja online serta para pelaku usaha yang memasarkan produk mereka semakin bertambah banyak. Hal ini mengakibatkan adanya persaingan yang cukup ketat diantara para pelaku usaha. Salah satu ide bisnis yang inovatif, kreatif dan unik adalah mystery box. Sesuai dengan namanya kotak misteri, produk ini menawarkan sebuah paket namun isi dari paket tersebut tidak dijelaskan mengenai produk atau item apa saja di dalam paket yang akan di jual ke pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis praktik jual beli online mysterybox di marketplace tokopedia dalam perspektif fiqh muamalah. Jenis penelitian ini menggunakan metode field research. Teknik pengumpulan data dilakukan trianggulasi sumber yaitu, penjual, pembeli dan ahli agama melalui wawancara mendalam, observasi serta mengumpulkan dokumentasi berupa gambar-gambar atau catatan kecil. Dimana peneliti sebagai instrument kunci, dan analisis data pada penelitian ini bersifat induktif. Kata kunci : mystery box, gharar, fiqh muamalah Hasil dari penelitian ini terdapat dua kesimpulan. Pertama, Praktik jual beli online mystery box di marketplace Tokopedia dapat dilakukan dengan cara membuka aplikasi selanjutnya mencari produk mysterybox pada kolom pencarian, membuat pesanan dan memlih metode pembayaran lalu konfirmasi produk. Kedua, praktik jual beli online di marketplace tokopedia perspektif fiqh muamalah ini melanggar ketentuan hukum islam dan termasuk kedalam kategori jual beli garar, karena jual beli mysterybox merupakan jual beli yang tidak disebutkan dan dijelaskan menganai bentuk, jenis, warna, ukuran dan warna barang yang diperjual belikan
257204115 | K EKOS-25115 YUS a | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain