Digital Versatile Disc
Pengaruh Penggunaan Digital Payment, Literasi Keuangan, Gaya Hidup Dan Perilaku Konsumtif Kalangan Milenial Di Kota Cirebon
Perkembangan teknologi finansial yang pesat telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan. Kemudahan akses, kecepatan transaksi, serta keterhubungan dengan berbagai platform e-commerce menjadikan digital payment sebagai pilihan untuma dalam bertransaksi. Di sisi lain, tingkat literasi keuangan berbeda-beda serta gaya hidup yang semakin konsumtif menjadi faktor penting yang dapat memengaruhi perilaku konsumsi individu, khususnya generasi milenial yang cenderung adaptif terhadap perkembangan teknologi dan tren gaya hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan digital payment, literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif kalangan milenial di Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya melalui penyebaran kuesioner kepada generasi milenial di Kota Cirebon. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Analisis data penelitian ini menggunakan regresi linear berganda yang diolah dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan digital payment berpengaruh secara parsial terhadap perilaku konsumtif. Hal ini dibuktikan dengan nilai sebesar Thitung sebesar (2,007) > Ttabel (1,661) dengan nilai signifikan sebesar 0,048 < 0,05. Literasi keuangan berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif Thitung (2,282) > Ttabel (1,661) dan nilai signifikan sebesar 0,025 < 0,05. Gaya hidup berpengaruh secara terhadap perilaku konsumtif sebesar Thitung (2,305) > Ttabel (1,661) dan nilai signifikan sebesar 0,023 < 0,05. Secara simultan variabel (penggunaan digital payment, literasi keuangan dan gaya hidup) berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai sebesar (12,193). Uji koefisien determinasimenunjukan nilai Adjusted R Square sebesar 25,3% yang berarti variabel penggunaan digital payment, literasi keuangan dan gaya hidup secara bersama-sama mempengaruhi perilaku konsumtif sementara 74,7% dipengaruhi oleh variabel lainnya.
257204095 | K EKOS-25095 BIA p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain