Digital Versatile Disc
Pengaruh Harga, Fanatisme, Dan Daya Tarik Merchandise Terhadap Perilaku Konsumtif Penggemar K-Pop Di Kabupaten Cirebon
Fenomena Korean Pop (K-Pop) di Indonesia berkembang pesat sejak awal 2000-an, tidak hanya sebagai genre musik, tetapi juga sebagai bagian dari gaya hidup yang memengaruhi generasi muda. Selain memberi dampak positif dalam memperkenalkan budaya asing dan mendorong sektor ekonomi, K-Pop juga menimbulkan tantangan berupa perilaku impulsif yang berlebihan dan penurunan rasa nasionalisme. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, fanatisme, dan daya tarik merchandise terhadap perilaku konsumtif penggemar K-Pop di Kabupaten Cirebon. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan statistik deskriptif dengan metode survei terhadap 100 responden yang dipilih melalui teknik proportionate stratified random sampling. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif penggemar K-Pop di Kabupaten Cirebon, sedangkan fanatisme dan daya tarik merchandise berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif penggemar K-Pop di Kabupaten Cirebon. Adapun harga, fanatisme, dan daya tarik merchandise berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif penggemar K-Pop di Kabupaten Cirebon. Temuan ini menunjukkan bahwa selain faktor ekonomi, aspek psikologis seperti fanatisme juga memiliki peran penting dalam mendorong konsumsi berlebih. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi perusahaan, akademisi, dan para penggemar dalam memahami serta mengelola perilaku konsumen di era budaya pop global.
257204089 | K EKOS-25089 DEA p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain