Digital Versatile Disc
Pengaruh Digital Marketing Dan Marketplace Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha, Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Cirebon Kecamatan Kesambi
Era digital telah membawa perubahan besar dalam strategi pemasaran, termasuk bagi pelaku UMKM. Digital marketing dan marketplace menjadi alat penting dalam meningkatkan pendapatan dan menjangkau pasar yang lebih luas. Di Kota Cirebon, meskipun jumlah UMKM terus meningkat, pemanfaatan pemasaran digital masih belum optimal. Banyak pelaku UMKM yang belum sepenuhnya memahami dan memanfaatkan media digital untuk memasarkan produknya secara efektif. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan marketplace terhadap pendapatan UMKM di Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh digital marketing dan marketplace terhadap pendapatan pelaku usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kota Cirebon Kecamatan Kesambi. Penggunaan internet setiap saat selalu bertambah. Hal ini yang harus disadari oleh para pelaku usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satu media perdagangan yang saat ini sedang banyak diminati oleh pelaku UMKM untuk mendukung promosi penjualan serta penjualan yang dapat mencapai target ialah digital marketing, dan marketplace. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang diperoleh dari sumber data primer. Populasi penelitian ini adalah para pelaku usaha mikro kecil menengah. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner pada responden dengan 78 responden. Analisis data dilakukan menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji korelasi parsial, uji regresi linier berganda, uji hipotesis dan koefisiensi determinasi yang diolah dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 30. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis variabel digital marketing (X1) berpengaruh positif terhadap pendapatan UMKM (Y). Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (3.343 > 1,983), variabel marketplace (X2) berpengaruh positf terhadap pendapatan UMKM (Y) dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,013 < 0,05 dan nilai t- hitung lebih besar dari t-tabel (2.537 > 1,993). Variabel digital marketing (X1) dan marketplace (X2) terhadap pendapatan UMKM (Y) memiliki nilai signifikan sebesar
257204051 | K EKOS-25051 AKA p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain