Digital Versatile Disc
Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Umkm Dikota Cirebon
Sebagian besar penelitian tentang ekonomi digital pada UMKM di Indonesia
berfokus pada kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya, sementara
Kota Cirebon sebagai daerah dengan potensi UMKM yang besar belum banyak
diteliti.
Hal ini menciptakan kesenjangan dalam memahami bagaimana
transformasi digital berdampak pada UMKM di kota dengan karakteristik ekonomi
dan budaya yang berbeda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data
dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada sejumlah pelaku UMKM
di wilayah kota Cirebon Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran
kuesioner pada responden dengan 100 responden. Analisis data dilakukan
menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji korelasi parsial, uji regresi linier
berganda, uji hipotesis dan koefisiensi determinasi yang diolah dengan bantuan
aplikasi IBM SPSS versi 30.
Hasil ini menunjukan bahwa analisis variable Ekonomi Digital, Modal dan
Tingkat Pendidikan berpengaruh positif terhadap Pendapatan UMKM dikota
Cirebon, Ekonomi Digital (X1) berpengaruh terhadap Pendapatan UMKM
(Y).Modal (X2) berpengaruh terhadap Pendapatan UMKM (Y).Tingkat Pendidikan
(X3) berpengaruh terhadap Pendapatan UMKM (Y). Berdasarkan hasil uji
koefisien determinasi, nilai koefisien Adjusted R Square 46,4%. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa pengaruh variabel Ekonomi Digital (X1), modal (X2) dan
Tingkat Pendidikan (X3) secara simultan terhadap pendapatan UMKM sebesar
46,4%. Sementara itu sisanya sebesar 53,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang
tidak termasuk dalam penelitian ini.
257204048 | K EKOS-25048 DAN f | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain