Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon Telp. 0231-8491642

  • Beranda
  • Masuk
  • Visitor
  • Daftar Anggota Online
  • SKBPP
  • Usulan Buku
  • Survey Kepuasan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Nalar pendidikan anak

Textbook

Nalar pendidikan anak

Miftahul Huda - Nama Orang; Abdul Qodir Shaleh - Nama Orang; Muhammad Idris - Nama Orang;

Kisah adalah cara yang efektif untuk menyampaikan unsur pendidikan kepada setiap pendengar atau pembacanya. Melalui kisah, unsur pendidikan bisa disampaikan dengan cara yang menyenangkan, sehingga setiap nilai yang terkandung di dalamnya bisa diserap dengan baik dan kemudian membekas dalam pikiran dan ingatan pendengar atau pembacanya. Konstruksi epistemologi pendidikan anak dalam Al-Quran digolongkan dalam dua tipe, yaitu : intuitif-normatif dan intuitif-dialogis dengan turunan yang biasa dihasilkan adalah dialogis rasional, dialogis-demokratis, dialogis-psikis, dan dialogis-ideologis. Pengetahuan pendidikan diperoleh para pendidik dari sumber pertama, yaitu Allah, melalui jalan intuisi/wahyu. Secara historis, Al-Quran di antara isinya mengabadikan berbagai fenomena kehidupan, termasuk di dalamnya adalah kehidupan manusia, untuk dijadikan ibrah bagi kehidupan manusia itu sendiri. Fakta-fakta historis pendidikan keluarga banyak dituangkan dalam rekaman ayat di berbagai surah di dalam Al-Quran. Beberapa di antaranya memiliki relevansi dengan proses pembentukan keilmuan pendidikan (baca epistemologi), semisal pendidikan yang dilakukan oleh Luqman Al-Hakim, Nabi Nuh a.s., Nabi Ibrahim a.s., Nabi Ya'qub a.s., dan Maryam. Tokoh-tokoh tersebut telah memainkan peran penting dalam interaksi pendidikan dalam lingkup keluarga, yakni pendidikan yang dilakukan terhadap anaknya. Pentingnya untuk segera mebangun epistemology pendidikan Islam dimaksudkan untuk membenahi pendidikan Islam yang telah sedemikian rupa dihegemoni oleh imperialisasi epistemology pendidikan Barat. Hal ini berarti menghindari kultus epistemology pendidikan Barat dengan mempertegas jati diri pendidikan Islam. Karena secara faktual, menurut Qamar, apa yang diklaim sebagai pendidikan Islam ternyata dalam perinciannya adalah pendidikan Barat yang diperkuat dengan ayat Al-Quran dan Hadis. Hal ini dapat dijumpai pada struktur keilmuan, kurikulum, metode pendidikan / pengajaran, evaluasi, filsafat pendidikan, ilmu pendidikan, dan lain-lain. Teori yang dipakai acuan pada disiplin ilmu tersebut adalah produk dari ilmuwan Barat yang tidak berangkat dari wahyu. Sifat filosofis pendidikan Islam tidak semata karena memandang manusia itu terdiri dari unsur fisik dan non fisik. Lebih dari itu, karena proporsi al-Quran sebagai sumber normatif memuat dasar-dasar filosofis pendidikan yang secara radikal membedakan dengan epistemologi pendidikan Barat. Epistemologi pendidikan Islam dengan mendasarkan pada Al-Quran berbeda dengan epistemology pendidikan Barat, baik dalam periode klasik maupun modern, yang secara mendasar filsafat Barat bertolak dari beberapa pandangan di antaranya : Humanisme, rasionalisme, empirisme, dan positivisme.


Ketersediaan
223100046T 2X7.3203 MIF nPerpustakaan Pusat (Lantai 3)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
221002801U 2X7.3203 MIF nPerpustakaan Pusat (Lantai 2)Tersedia - Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3203 MIF n
Penerbit
Jogjakarta : Ar Ruzz Media., 2017
Deskripsi Fisik
224 hlm ; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-25-4509-8
Klasifikasi
2X7.3203
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cetakan II : 2017
Subjek
Pendidikan Islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Miftahul Huda & Muhammad Idris ; editor, Abdul Qodir Shaleh
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

    Link Perpustakaan

  • Candil Dispusipda Prov. Jabar
  • Perpustakaan Pascasarjana
  • Perpustakaan FITK
  • Perpustakaan FSEI
  • Perpustakaan FUAD
  • OneSearch PTKI Library (OSPL)
  • Perpustakaan Islam Digital
  • Jurnal Gratis Perpusnas
  • ebook perpusda indramayu

Tentang Kami

Sebagai pusat penyimpanan dan penyebar informasi ilmiah, Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon merupakan salah satu fasilitas pendukung yang berada di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bersama dengan unit-unit lain yang berada di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, keberadaan perpustakaan dimaksudkan untuk menunjang pendidikan, penelitian mahasiswa, pengajar dan karyawan, serta pengabdian masyarakat di bidang informasi melalui jasa layanan yang tersedia.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Chat Pustakawan Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik