Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon Telp. 0231-8491642

  • Beranda
  • Masuk
  • Visitor
  • Daftar Anggota Online
  • SKBPP
  • Usulan Buku
  • Survey Kepuasan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Implementasi Kurikulum KMI dan Cambridge International Pada Pembelajaran Matematika Di Pondok Pesantren Mu’adalah Al-Ikhlas Taliwang

Textbook

Implementasi Kurikulum KMI dan Cambridge International Pada Pembelajaran Matematika Di Pondok Pesantren Mu’adalah Al-Ikhlas Taliwang

EKA SEPTIANI - Nama Orang;

Pondok pesantren Al-Ikhlas merupakan satu-satunya pondok pesantren
Mu‟adalah yang menggunakan dua kurikulum dalam kegiatan belajar mengajar
yaitu kurikulum KMI dan Cambridge International. Tujuan dari penelitian ini,
untuk mengetahui hasil dari implementasi kurikulum KMI dan Cambridge,
mengetahui kendala apa saja yang dialami ketika pengimplementasian kedua
kurikulum tersebut serta apa saja upaya yang dilakukan dan mengetahui respon
siswa terhadap implementasi kurikulum KMI dan Cambridge. Penelitian ini
merupakan penelitian desktiptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini
dilakukan di pondok pesantren Mu‟adalah Al-Ikhlas Taliwang NTB. Subjek
penelitian ini adalah staff kurikulum, guru matematika dan siswa/santri kelas 1
KMI sampai kelas 5 KMI. Instrumen dan teknik pengumpulan data pada
penelitian ini adalah lembar observasi, pedoman wawancara, angket/kuesioner
serta lembar dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil
dari implementasi kurikulum KMI pada perencanaan, pelaksanaan dan
penilaian/evaluasi pembelajaran memperoleh kategori baik dengan persentase
84%. Kurikulum KMI yang diterapkan telah memenuhi standar kompetensi. Hal
tersebut memberikan dampak positif pada siswa berupa kemampuan dalam
penalaran serta dapat menyelesaikan soal matematika dengan baik. Kendala yang
dialami dalam implementasi kurikulum KMI pada pembelajaran yaitu beban jam
pelajaran yang sangat sedikit serta latar belakang pendidikan guru bukan dari
lulusan S1 pendidikan matematika. Sedangkan hasil dari implementasi kurikulum
Cambridge pada perencanaan, pelaksanaan dan penilaian/evaluasi pembelajaran
memperoleh kategori baik dengan persentase 83% dan memenuhi standar
kompetensi. Hal tersebut memberikan pengaruh positif pada siswa selain
kemampuan penalaran, siswa yang belajar menggunakan kurikulum Cambridge
memiliki keterampilan berbahasa inggris. Kendala yang dialami dalam
implementasi kurikulum Cambridge yaitu terdapat guru dan siswa yang tidak
memiliki kemampuan bahasa inggris. Namun karena sekolah merupakan pondok
pesantren yang kesehariannya berbahasa arab dan inggris jadi kendala tersebut
dapat teratasi.


Ketersediaan
227305076K MTK-22076 EKA iPerpustakaan Pusat (Lantai 3)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
K MTK-22076 EKA i
Penerbit
Cirebon : IAIN Syekh Nurjati., 2022
Deskripsi Fisik
xvi,82 hlm: ilus; 30 cm
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
EKA SEPTIANI
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

    Link Perpustakaan

  • Candil Dispusipda Prov. Jabar
  • Perpustakaan Pascasarjana
  • Perpustakaan FITK
  • Perpustakaan FSEI
  • Perpustakaan FUAD
  • OneSearch PTKI Library (OSPL)
  • Perpustakaan Islam Digital
  • Jurnal Gratis Perpusnas
  • ebook perpusda indramayu

Tentang Kami

Sebagai pusat penyimpanan dan penyebar informasi ilmiah, Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon merupakan salah satu fasilitas pendukung yang berada di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bersama dengan unit-unit lain yang berada di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, keberadaan perpustakaan dimaksudkan untuk menunjang pendidikan, penelitian mahasiswa, pengajar dan karyawan, serta pengabdian masyarakat di bidang informasi melalui jasa layanan yang tersedia.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Chat Pustakawan Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik