Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon Telp. 0231-8491642

  • Beranda
  • Masuk
  • Visitor
  • Daftar Anggota Online
  • SKBPP
  • Usulan Buku
  • Survey Kepuasan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Modul Turunan Sma Menggunakan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Textbook

Pengembangan Modul Turunan Sma Menggunakan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

FITRI WULANDARI - Nama Orang;

Penelitian ini dilakukan karena masih terbatasnya bahan ajar yang
digunakan pada kegiatan pembelajaran serta hasil belajar siswa yang masih rendah
karena dalam kegiatan pembelajarannya masih menggunakan model konvensional.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta untuk
mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari bahan ajar modul turunan
menggunakan problem based learning yang akan dikembangkan. Metode yang
digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan
menggunakan desain pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Susukan. Teknik pengumpulan data
pada penelitian ini adalah teknik observasi, teknik angket, dan teknik tes. Hasil
penelitian ini berupa bahan ajar modul turunan menggunakan problem based
learning yang valid, praktis, dan efektif. Proses pengembangan bahan ajar
menggunakan desain pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu tahap analisis
(analysis) ditahap ini meliputi analisis kebutuhan, analisis karakteristik siswa, dan
analisis kurikulum. Tahap perancangan (design) meliputi pengumpulan referensi
terkait dengan materi turunan, merancang kerangka modul, dan menyusun
instrumen penelitian. Tahap pengembangan (development) meliputi realisasi
modul, validasi modul, dan revisi modul. Tahap implementasi (implementation)
adalah tahap uji coba modul yang telah divalidasi dan direvisi kepada siswa. Tahap
evaluasi (evaluation) bertujuan untuk memperbaiki dan mengetahui keefektifan
dari bahan ajar yang dikembangkan. Bahan ajar modul turunan menggunakan
problem based learning dinyatakan “Sangat Valid” karena hasil analisis validasi
modul mendapatkan persentase sebesar 93%. Bahan ajar modul turunan
menggunakan problem based learning dinyatakan “Praktis” karena hasil analisis
angket respon siswa mendapatkan persentase sebesar 80%. Uji efektiifitas pada uji
independent simple t-test kelas eksperimen dan kelas kontrol mendapatkan nilai sig
sebesar 0,000. Diketahui bahwa sig 0,000 < 0,005 hal ini menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas
kontrol serta uji N-Gain Score kelas eksperimen mendapatkan rata-rata lebih besar
dari kelas kontrol. Kelas kontrol dalam uji N-Gain Score mendapatkan rata-rata
sebesar 0,5306 dengan kategori “Sedang” dan mendaptakan rata-rata pada uji NGain Score Persen sebesar 53% dengan tafsiran “Kurang efektif”. Kelas eksperimen
dalam uji N-Gain Score mendaptakan rata-rata sebesar 0,6639 dengan kategori
“Sedang” dan Uji N-Gain Score Persen mendapatkan rata-rata sebesar 66% dengan
tafsiran “Cukup Efektif”. Sedangkan Kelas eksperimen dalam uji N-Gain Score
mendaptakan rata-rata sebesar 0,6639 dengan kategori “Sedang” dan Uji N-Gain
Score Persen mendapatkan rata-rata sebesar 66% dengan tafsiran “Cukup Efektif.
Manfaat penelitian ini adalah agar bahan ajar yang dikembangkan dapat dijadikan
sebagai bahan ajar alternatif dalam meningkatkan hasil belajar matematika.


Ketersediaan
227305064K MTK-22064 FIT pPerpustakaan Pusat (Lantai 3)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
K MTK-22064 FIT p
Penerbit
Cirebon : IAIN Syekh Nurjati., 2022
Deskripsi Fisik
xvii, 107 hlm: ilus; 30 cm
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
FITRI WULANDARI
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

    Link Perpustakaan

  • Candil Dispusipda Prov. Jabar
  • Perpustakaan Pascasarjana
  • Perpustakaan FITK
  • Perpustakaan FSEI
  • Perpustakaan FUAD
  • OneSearch PTKI Library (OSPL)
  • Perpustakaan Islam Digital
  • Jurnal Gratis Perpusnas
  • ebook perpusda indramayu

Tentang Kami

Sebagai pusat penyimpanan dan penyebar informasi ilmiah, Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon merupakan salah satu fasilitas pendukung yang berada di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bersama dengan unit-unit lain yang berada di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, keberadaan perpustakaan dimaksudkan untuk menunjang pendidikan, penelitian mahasiswa, pengajar dan karyawan, serta pengabdian masyarakat di bidang informasi melalui jasa layanan yang tersedia.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Chat Pustakawan Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik