Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon Telp. 0231-8491642

  • Beranda
  • Masuk
  • Visitor
  • Daftar Anggota Online
  • SKBPP
  • Usulan Buku
  • Survey Kepuasan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Dengan Tipe Bertukar Pasangan

Textbook

Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Dengan Tipe Bertukar Pasangan

IMAS WIDIYA - Nama Orang;

Pembelajaran matematika sesungguhnya adalah belajar mengenai konsep
dan struktur dari suatu materi. Faktanya selama proses pembelajaran matematika
terdapat beberapa permasalahan yang masih ditemui, seperti siswa masih sering
kesulitan memahami konsep pada materi, rumus-rumus yang abstrak, penjelasan
yang monoton sehingga pembelajaran matematika diaanggap sulit dipahami. Oleh
sebab itu, diperlukan pembelajaran untuk mencapai kemampuan pemahaman
konsep matematis agar siswa dapat memahami konsep dari materi. Salah satu cara
untuk kemampuan pemahaman konsep matematis adalah dengan menerapkan
model pembelajaran Course Review Horay dan Bertukar Pasangan dalam
pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay, 2) Mengetahui kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa setelah penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Bertukar Pasangan, 3) Mengetahui ada tidaknya perbedaan yang
signifikan pemahaman matematis antara siswa yang mendapat penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dengan siswa yang mendapat
penerapan model pembelajara kooperatif tipe Bertukar Pasangan, 4) Mengetahui
respon siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review
Horray dan tipe Bertukar Pasangan. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Sumber
dengan metode yang digunaka metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif
dan desain penelitian pottest-only control design. Sampel yang digunakan kelas
VIII A terdiri dari 30 siswa dan VIII B terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan
data dengan menggunakan instrumen test berupa posttest dalam bentuk uraian dan
angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Terdapat kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan rata-rata nilai kelas eksperimen
1 sebesar 69,87 dan siswa lulus KKM dengan presentase 57%, 2) Terdapat
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan rata-rata nilai kelas
eksperimen 2 sebesar 60,07 dan siswa lulus KKM dengan presentase 33%, 3)
Terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Course Review Horay dan tipe Bertukar Pasangan dengan nilai
signifikan sebesar 0,025, 4) Respon siswa pada penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Course Review Horay sebesar 75,30% (baik) dan model tipe
Bertukar Pasangan sebesar 68,90% (cukup baik).


Ketersediaan
227305057K MTK-22057 IMA pPerpustakaan Pusat (Lantai 3)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
K MTK-22057 IMA p
Penerbit
Cirebon : IAIN Syekh Nurjati., 2022
Deskripsi Fisik
xvii, 86 hlm: ilus; 30 cm
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
IMAS WIDIYA
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

    Link Perpustakaan

  • Candil Dispusipda Prov. Jabar
  • Perpustakaan Pascasarjana
  • Perpustakaan FITK
  • Perpustakaan FSEI
  • Perpustakaan FUAD
  • OneSearch PTKI Library (OSPL)
  • Perpustakaan Islam Digital
  • Jurnal Gratis Perpusnas
  • ebook perpusda indramayu

Tentang Kami

Sebagai pusat penyimpanan dan penyebar informasi ilmiah, Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon merupakan salah satu fasilitas pendukung yang berada di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bersama dengan unit-unit lain yang berada di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, keberadaan perpustakaan dimaksudkan untuk menunjang pendidikan, penelitian mahasiswa, pengajar dan karyawan, serta pengabdian masyarakat di bidang informasi melalui jasa layanan yang tersedia.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Chat Pustakawan Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik