Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon Telp. 0231-8491642

  • Beranda
  • Masuk
  • Visitor
  • Daftar Anggota Online
  • SKBPP
  • Usulan Buku
  • Survey Kepuasan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
Image of Penerapan Asesmen Kinerja Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Belajar

Textbook

Penerapan Asesmen Kinerja Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Belajar

Titis Nurliana - Nama Orang;

Setiap siswa mempunyai kecenderungan gaya belajar yang khas sesuai
dengan karakteristiknya masing-masing. Pada umumnya, gaya belajar siswa alami
meskipun ada sebagian siswa yang gaya belajarnya bisa dibuat oleh diri sendiri.
Siswa yang belajar dengan gaya belajarnya sendiri lebih mudah untuk menerima,
menikmati, dan menyerap informasi baik yang telah disampaikan oleh gurunya
maupun dari sumber lainnya. Karakteristik gaya belajar siswa yang khas menuntut
perlakuan pembelajaran yang juga khas. Jika perlakuan guru sesuai dengan gaya
belajar siswa, maka siswa merasa lebih nyaman, dan menyenangkan. Namun pada
kenyataannya, selama ini asesmen pembelajaran matematika seringkali hanya satu
model untuk semua gaya belajar. Padahal apapun gaya belajarnya, siswa
seharusnya mampu menunjukkan keaktifan belajar matematikanya secara
maksimal atau bisa dikategorikan tingkat keaktifan belajar matematikanya tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan efektifitas penerapan asesmen
kinerja yang telah disesuaikan dengan gaya belajar siswa. Subjek eksperimen
siswa kelas X SMK PARIWISATA Kota Cirebon. Adapun tahap-tahap
eksperimen sebagai berikut : mengukur keaktifan belajar matematika siswa
sebelum eksperimen, mengidentifikasi gaya belajar siswa, mengelompokkan
siswa berdasarkan gaya belajarnya masing-masing, menerapkan asesmen kinerja
yang telah disesuaikan dengan gaya belajar siswa, dan menganalis hasil keaktifan
belajar siswa setelah eksperimen. Dengan analisis statistik inferensi Paired
Sample T Test menunjukkan bahwa kelompok auditorial dengan nilai d = 18,03,
kelompok visual dengan nilai d = 11,41 dan kelompok kinestetik dengan nilai d =
16,03. Oleh karena nilai d lebih besar dari 1, maka disimpulkan pengaruh
positifnya dalam kategori sangat besar. Artinya, eksperimen tersebut memiliki
pengaruh positif yang sangat besar dalam meningkatkan keaktifan belajar
matematika siswa berdasarkan gaya belajar. Sehingga hasil penelitian menemukan
bahwa penerapan asesmen kinerja tersebut memberikan pengaruh positif yang
besar dan biaya untuk penyelenggaraan juga dinilai terjangkau, maka keputusan
untuk melanjutkan penerapan tersebut adalah memiliki signifikansi secara praktis.
Dengan demikian, disimpulkan bahwa penerapan asesmen kinerja yang telah
disesuaikan dengan gaya belajar efektif untuk meningkatkan keaktifan belajar
matematika siswa.


Ketersediaan
227305052K MTK-22052 TIT pPerpustakaan Pusat (Lantai 3)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
K MTK-22052 TIT p
Penerbit
Cirebon : IAIN Syekh Nurjati., 2022
Deskripsi Fisik
xvi, 80 hlm: ilus; 30 cm
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Titis Nurliana
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

    Link Perpustakaan

  • Candil Dispusipda Prov. Jabar
  • Perpustakaan Pascasarjana
  • Perpustakaan FITK
  • Perpustakaan FSEI
  • Perpustakaan FUAD
  • OneSearch PTKI Library (OSPL)
  • Perpustakaan Islam Digital
  • Jurnal Gratis Perpusnas
  • ebook perpusda indramayu

Tentang Kami

Sebagai pusat penyimpanan dan penyebar informasi ilmiah, Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon merupakan salah satu fasilitas pendukung yang berada di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bersama dengan unit-unit lain yang berada di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, keberadaan perpustakaan dimaksudkan untuk menunjang pendidikan, penelitian mahasiswa, pengajar dan karyawan, serta pengabdian masyarakat di bidang informasi melalui jasa layanan yang tersedia.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Chat Pustakawan Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik