Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon Telp. 0231-8491642

  • Beranda
  • Masuk
  • Visitor
  • Daftar Anggota Online
  • SKBPP
  • Usulan Buku
  • Survey Kepuasan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Efektivitas Pembelajaran IPS Menggunakan E-learning di MTs Negeri 3 Kabupaten Cirebon

Textbook

Efektivitas Pembelajaran IPS Menggunakan E-learning di MTs Negeri 3 Kabupaten Cirebon

Sri Haryati - Nama Orang; Dr. Etty Ratnawati, M.Pd - Nama Orang; Dr. Nuryana, S.Ag, M.Pd - Nama Orang;

Keberhasilan pendidikan bisa di lihat dari proses pembelajaran itu berlangsung,
bagaimana guru mampu mengelola kelas dengan baik agar proses pembelajaran berjalan
efektif, dan mampu memajukan atau mewujudkan tujuan pendidikan. Efektivitas bisa
diartikan sebagai pengukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuan-tujuan yang telah
ditentukan. Pembelajaran dianggap efektif apabila skor yang dicapai siswa memenuhi
batas minimal kompetensi yang telah dirumuskan.
E-learning adalah media pembelajaran online yang bersifat open search, dengan
menggunakan media e-learning yang dapat di operasikan lewat internet, maka proses
pembelajaran dapat dimaksimalkan dengan sebaik mungkin, karena banyak manfaat baik
bagi yang mengajar maupun yang mengikuti pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Yang menjadi subjek penelitian
disini adalah guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini melalui penelitian lapangan, untuk memperoleh data lapangan,
penulis melakukan observasi wawancara atau interview, dokumentasi dan triangulasi.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi
data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran Ips
menggunakan e-learning di MTs Negeri 3 Cirebon dalam proses pembelajaran IPS anakanak mempunyai tahapan-tahapan yang pertama harus masuk ke akun e-learning masingmasing terlebih dahulu, lalu absen, kemudian anak-anak masuk ke bahan ajar untuk
mencatat materi yang terdapat pada bahan ajar yang sudah dikelompokkan oleh guru
dalam setiap pertemuan yang tercantum dalam RPP yang sudah dibuat oleh guru. Dalam
proses pembelajaran IPS melalui e-learning juga terdapat kendala-kendala salah satunya
adanya sinyal yang kurang bagus. Efektivitas pembelajaran IPS menggunakan e-learning
dilihat dari hasil uts bisa dikatakan kurang efektif karena ada bebearapa anak yang tidak
mengerjakan tugas, nilai nya kurang dari ketuntasan minimum. Dilihat dari ketuntasan
belajar dari mulai mengumpulkan tugas harian, nilai uts, uas, anak-anak banyak yang
sudah mencapai ketuntasan minimum, untuk pengumpulan tugas juga anak-anak banyak
yang mengumpulkan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah.
Tetapi ada beberapa anak yang nilainya tidak memenuhi ketuntasan minimum dan telat
dalam pengumpulan tugas, dengan ini Ibu Najemah mengatakan pembelajaran IPS
melalui e-learning itu dikatakan kurang efektif. Factor pendukung pembelajaran melalui
e-learning adalah Guru di MTs Negeri 3 Kabupaten Cirebon melakukan pembelajaran elearning karena factor kondisi, peraturan pemerintah, serta tugas dan peran seorang guru
untuk mampu memberikan kualitas pembelajaran yang baik dalam segala kondisi.
Adapun factor penghambat dalam proses pembelajran e-learning di MTs Negeri Cirebon
ini adalah karna factor internal dan eksternal, mulai dari siswa yang tidak mempunyai
laptop ataupun handphone android karena orang tuanya memiliki keterbatasan ekonomi,
sinyal yang kurang memadai karena tempat tinggal sisawa yang rumahnya di pelosokpelosok sehingga menghambat proses pembelajaran.


Ketersediaan
227304063K IPS-22063 SRI ePerpustakaan Pusat (Lantai 3)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
K IPS-22063 SRI e
Penerbit
Cirebon : IAIN Syekh Nurjati., 2021
Deskripsi Fisik
vii, 94 hlm: ilus; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Sri Haryati
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

    Link Perpustakaan

  • Candil Dispusipda Prov. Jabar
  • Perpustakaan Pascasarjana
  • Perpustakaan FITK
  • Perpustakaan FSEI
  • Perpustakaan FUAD
  • OneSearch PTKI Library (OSPL)
  • Perpustakaan Islam Digital
  • Jurnal Gratis Perpusnas
  • ebook perpusda indramayu

Tentang Kami

Sebagai pusat penyimpanan dan penyebar informasi ilmiah, Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon merupakan salah satu fasilitas pendukung yang berada di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bersama dengan unit-unit lain yang berada di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, keberadaan perpustakaan dimaksudkan untuk menunjang pendidikan, penelitian mahasiswa, pengajar dan karyawan, serta pengabdian masyarakat di bidang informasi melalui jasa layanan yang tersedia.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Chat Pustakawan Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik