Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon Telp. 0231-8491642

  • Beranda
  • Masuk
  • Visitor
  • Daftar Anggota Online
  • SKBPP
  • Usulan Buku
  • Survey Kepuasan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pelaksanaan Penilaian Pada Aspek Kognitif dalam Mata Pelajaran IPS di MTs Al-Bannaa Dukupuntang Kabupaten Cirebon

Textbook

Pelaksanaan Penilaian Pada Aspek Kognitif dalam Mata Pelajaran IPS di MTs Al-Bannaa Dukupuntang Kabupaten Cirebon

Muhamad Udin - Nama Orang; Dr. Aris, M.Pd. - Nama Orang; Dr. Nuryana, S.Ag., M.Pd - Nama Orang;

Tugas seorang Guru adalah mendidik Peserta Didik, memberikan
pengetahuan serta melakukan penilaian terhadap setiap kegiatan yang terselenggara
pada proses pembelajaran. yakni kemampuan seseorang guru untuk mengukur dan
menilai sejauh mana guru telah mampu memberikan ilmu pengetahuan kepada
peserta didiknya. Penilaian adalah bagian terpenting dalam proses pembelajaran,
karena dari proses pembelajaran tersebut guru dapat mengetahui seberapa jauh
proses pembelajaran tersebut sudah mencapai hasil sesuai dengan tujuan yang
ditetapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui rancangan penilaian pada
aspek kognitif, mengetahui pelaksanaan penilaian dan untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambat penilaian pada aspek kognitif dalam mata pelajaran IPS
di MTs Al Bannaa Dukupuntang Kabupaten Cirebon.
Penilaian adalah proses pengumpulan informasi secara menyeluruh yang
dilakukan secara terus menerus untuk mengetahui kemampuan atau keberhasilan
siswa dalam pembelajaran dengan menilai kinerja siswa baik kinerja secara individu
maupun dalam kegiatan kelompok yang harus mendapatkan perhatian yang lebih
dari seorang guru. Dengan demikian, penilaian tersebut harus dilaksanakan dengan
baik, karena penilaian merupakan komponen vital (utama) dari pengembangan diri
yang sehat, baik bagi individu (siswa) maupun bagi organisasi/kelompok.
Penelitian ini, menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif
menggunakan metode survey. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII
MTs Al Bannaa Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Sedangkan yang menjadi sampel
adalah 15% dari 134 sebesar 20 siswa. Sumber data dikumpulkan melalui observasi,
analisis butir soal, Kuesioner (angket), studi kepustakaan dan dokumentasi.
Hasil penelitian rancangan pelaksanaan penilaian pada aspek kognitif
dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap pendefinisian dan perancangan. Berdasarkan
analisis data dari angket yang berjumlah 10 soal yang diberikan kepada 20
responden didapatkan hasil mengenai respon siswa dalam Pelaksanaan Penilaian
pada Aspek Kognitif dalam pada Mata Pelajaran IPS di MTs Al Bannaa Kecamatan
Dukupuntang Kabupaten Cirebon termasuk dalam kategori baik sekali dengan
jumlah skor 76,9% karena berada diantara 75% - 100%. Faktor pendukung
pelaksanaan penilaian yaitu Kepemimpinan Kepala Madrasah yang sangat peduli
dengan proses penilaian Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu faktor
madrasah yang masih dalam kategori sekolah yang kecil.


Ketersediaan
227304040K IPS-22040 MUH pPerpustakaan Pusat (Lantai 3)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
K IPS-22040 MUH p
Penerbit
Cirebon : IAIN Syekh Nurjati., 2021
Deskripsi Fisik
viii, 91 hlm: ilus; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Muhamad Udin
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

    Link Perpustakaan

  • Candil Dispusipda Prov. Jabar
  • Perpustakaan Pascasarjana
  • Perpustakaan FITK
  • Perpustakaan FSEI
  • Perpustakaan FUAD
  • OneSearch PTKI Library (OSPL)
  • Perpustakaan Islam Digital
  • Jurnal Gratis Perpusnas
  • ebook perpusda indramayu

Tentang Kami

Sebagai pusat penyimpanan dan penyebar informasi ilmiah, Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon merupakan salah satu fasilitas pendukung yang berada di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bersama dengan unit-unit lain yang berada di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, keberadaan perpustakaan dimaksudkan untuk menunjang pendidikan, penelitian mahasiswa, pengajar dan karyawan, serta pengabdian masyarakat di bidang informasi melalui jasa layanan yang tersedia.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Chat Pustakawan Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik