Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon Telp. 0231-8491642

  • Beranda
  • Masuk
  • Visitor
  • Daftar Anggota Online
  • SKBPP
  • Usulan Buku
  • Survey Kepuasan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pemikiran Mohammad Hatta Tentang Pendidikan dan Relevansinya dengan Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional dalam Pasal 3 Undang - Undang SISDIKNAS Nomor 20 Tahun 2003

Textbook

Pemikiran Mohammad Hatta Tentang Pendidikan dan Relevansinya dengan Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional dalam Pasal 3 Undang - Undang SISDIKNAS Nomor 20 Tahun 2003

Ismail - Nama Orang; Dr. Asep Mulyana, M.Si. - Nama Orang; Prof. Dr. Cecep Sumarna, M.Ag. - Nama Orang;

Sistem pendidikan yang tidak representatif pada masa kolonial telah
melatarbelakangi munculnya pemikiran-pemikiran pendidikan dari kalangan
bumiputra. Mohammad Hatta menjadi salah satu tokoh intelektual bumiputra yang
menggagas pemikiran pendidikan. Pemikiran mengenai pendidikan dari
Mohammad Hatta masih banyak yang belum mengetahuinya, bukan hanya oleh
para generasi muda, kalangan intelktual pun masih banyak yang belum
mengetahui konsep pemikiran dari Mohammad Hatta tentang pendidikan.
Kurangnya pemahaman dan pengenalan terhadap sosok Mohammad Hatta, juga
merupakan salah satu permasalahan yang terjadi pada saat ini.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang biografi
Mohammad Hatta, konsep pemikiran Mohammad Hatta tentang pendidikan di
Indonesia, serta bagaimana relevansinya dengan rumusan tujuan pendidikan
nasional dalam pasal 3 Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003.
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah
metode penelitian kepustakaan (library research), teknik pengumpulan data
memanfaatkan sumber perpustakaan. Dalam mengkaji konsep pemikiran
Mohammad Hatta, penulis menggunakan sumber data melalui buku-buku tulisan
beliau sendiri maupun buku-buku tulisan orang lain yang relevan, yang
menceritakan tentang pemikiran Mohammad Hatta.
Berdasarkan hasil penelitian pustaka yang telah dilakukan, bahwa
pemikiran pendidikan Mohamamd Hatta tampak relevan sekali dengan rumusan
tujuan pendidikan nasional dalam Pasal 03 Undang-Undang Sisdiknas No. 20
Tahun 2003. Tujuan pendidikan menurut Mohammad Hatta yaitu untuk
menciptakan pribadi yang baik, dan senantiasa selalu taqwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa.
Hasil penelitian ini semoga dapat memberikan gambaran yang jelas
mengenai siapa Mohammad Hatta serta pemikirannya. Dan diharapkan penelitian
ini juga bisa dijadikan sebagai dasar pertimbangan dalam pengembangkan dan
mengevaluasi proses pendidikan nasional. Bagi penelitian selanjutnya, temuan
penelitian ini dapat dijadikan acuan, terutama bagi yang ingin melakukan
penelitian lebih lanjut.


Ketersediaan
227304037K IPS-22037 ISM pPerpustakaan Pusat (Lantai 3)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
K IPS-22037 ISM p
Penerbit
Cirebon : IAIN Syekh Nurjati., 2021
Deskripsi Fisik
iv, 91 hlm: ilus; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Ismail
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

    Link Perpustakaan

  • Candil Dispusipda Prov. Jabar
  • Perpustakaan Pascasarjana
  • Perpustakaan FITK
  • Perpustakaan FSEI
  • Perpustakaan FUAD
  • OneSearch PTKI Library (OSPL)
  • Perpustakaan Islam Digital
  • Jurnal Gratis Perpusnas
  • ebook perpusda indramayu

Tentang Kami

Sebagai pusat penyimpanan dan penyebar informasi ilmiah, Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon merupakan salah satu fasilitas pendukung yang berada di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bersama dengan unit-unit lain yang berada di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, keberadaan perpustakaan dimaksudkan untuk menunjang pendidikan, penelitian mahasiswa, pengajar dan karyawan, serta pengabdian masyarakat di bidang informasi melalui jasa layanan yang tersedia.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Chat Pustakawan Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik