Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon Telp. 0231-8491642

  • Beranda
  • Masuk
  • Visitor
  • Daftar Anggota Online
  • SKBPP
  • Usulan Buku
  • Survey Kepuasan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Komik Digital Sebagai bahan Ajar Statistika Untuk Siswa kelas VIII Bergaya Belajar Visual

Textbook

Pengembangan Komik Digital Sebagai bahan Ajar Statistika Untuk Siswa kelas VIII Bergaya Belajar Visual

Nuraeni - Nama Orang; Dr. H. Darwan M.Kom - Nama Orang; Dr. Budi Manfaat, M. Si - Nama Orang;

Bahan ajar yang tersedia masih konvensional, tidak bervariasi dan tidak
relevan dengan kebutuhan siswa, sedangkan bahan ajar merupakan komponen
penting dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
juga hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan komik
digital sebagai bahan ajar statistika untuk siswa kelas VIII bergaya belajar visual,
2) Mengetahui respon siswa bergaya belajar visual terhadap penggunaan komik
digital sebagai bahan ajar statistika yang dikembangkan, dan 3) Mengetahui
peningkatan hasil belajar matematika pada siswa bergaya belajar visual dengan
menggunakan komik digital. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan
pengembangan (R&D) dengan prosedur pengembangan model ADDIE. Desain uji
coba produk menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan datanya
menggunakan lembar validasi, skala, dan tes. Pengembangan bahan ajar komik
digital ini melalui 5 tahapan yang meliputi: (1) Analysis, yaitu menganalisis
penggunaan bahan ajar yang ada, menganalisis kebutuhan siswa dengan gaya
belajar visual, menganalisis ketersediaan fasilitas untuk mengakses bahan ajar
digital; (2) Design, yaitu menentukan KI, KD dan indikator pembelajaran, memilih
tokoh dan karakter komik, menyusun naskah komik, serta membuat flowchart; (3)
Development, yaitu membuat komik digital menggunakan aplikasi pixton,
melakukan validasi ahli dan merevisi produk. Bahan ajar komik digital yang
dihasilkan telah melalui penilaian oleh ahli media dan ahli materi yang masingmasing berjumlah dua orang. Hasil analisis validasi indeks Aiken menunjukkan
bahwa ahli media menilai sangat baik terhadap produk bahan ajar komik digital
dengan rata-rata nilai V yaitu 0,81. Sedangkan hasil validasi oleh ahli materi
mendapatkan penilaian yang sangat baik dengan rata-rata nilai V yaitu 0,87. (4)
Implementation, dari 138 siswa yang diidentifikasi gaya belajarnya melalui tes,
ditemukan 40% (55 siswa) dengan kecenderungan gaya belajar visual. Sebanyak 50
orang dari 55 siswa tersebut dipilih sebagai partisipan dalam penelitian eksperimen.
(5) Evaluation, dilakukan untuk mengetahui keefektifan penggunaan produk bahan
ajar melalui tes hasil belajar. Hasil analisis data berdasarkan perolehan persentase
Tingkat Capaian Responden (TCR) menunjukkan bahwa 77,8% siswa merespon
baik terhadap penggunaan komik digital sebagai bahan ajar statistika. Hasil uji
hipotesis statistik menyimpulkan bahwa rata-rata peningkatan hasil belajar siswa
pada kelompok pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar komik digital lebih
tinggi daripada kelompok pembelajaran tanpa menggunakan bahan ajar komik
digital, dengan taraf signifikansi 5%. Oleh karena itu, penggunaan bahan ajar komik
digital pada materi statistika lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa
kelas VIII bergaya belajar visual daripada bahan ajar konvensional.


Ketersediaan
227305025K MTK-22025 NUR pPerpustakaan Pusat (Lantai 3)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
K MTK-22025 NUR p
Penerbit
Cirebon : IAIN Syekh Nurjati., 2021
Deskripsi Fisik
xvi, 108 hlm: ilus; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Nuraeni
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Repository IAIN Syekhnurjati
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

    Link Perpustakaan

  • Candil Dispusipda Prov. Jabar
  • Perpustakaan Pascasarjana
  • Perpustakaan FITK
  • Perpustakaan FSEI
  • Perpustakaan FUAD
  • OneSearch PTKI Library (OSPL)
  • Perpustakaan Islam Digital
  • Jurnal Gratis Perpusnas
  • ebook perpusda indramayu

Tentang Kami

Sebagai pusat penyimpanan dan penyebar informasi ilmiah, Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon merupakan salah satu fasilitas pendukung yang berada di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bersama dengan unit-unit lain yang berada di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, keberadaan perpustakaan dimaksudkan untuk menunjang pendidikan, penelitian mahasiswa, pengajar dan karyawan, serta pengabdian masyarakat di bidang informasi melalui jasa layanan yang tersedia.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Chat Pustakawan Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik