Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon Telp. 0231-8491642

  • Beranda
  • Masuk
  • Visitor
  • Daftar Anggota Online
  • SKBPP
  • Usulan Buku
  • Survey Kepuasan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Komparasi Soal Pada Buku Teks matematika Kurikulum 2013 dan Kurikulum Cambridge (Tinjauan Pada Level Kognitif, Representasi, Kontekstualitas, bentuk Respon)

Textbook

Analisis Komparasi Soal Pada Buku Teks matematika Kurikulum 2013 dan Kurikulum Cambridge (Tinjauan Pada Level Kognitif, Representasi, Kontekstualitas, bentuk Respon)

Lifa Muflikhatul Maula - Nama Orang; Widodo Winarso, M.Pd.I - Nama Orang; Herani Tri Lestiana, M.Sc - Nama Orang;

Buku teks memiliki kedudukan yang sangat penting pada proses
pembelajaran yaitu sebagai alat paling utama yang digunakan dalam penyampaian
pengetahuan yang sesuai dengan rancangan kurikulum untuk mencapai tujuan
pendidikan. Selain sebagai alat penyampaian pengetahuan buku teks matematika
bertujuan sebagai tolak ukur dari proses pembelajaran. Pada hakikatnya mahir
matematika diperoleh dari banyak berlatih mengerjakan soal matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan latihan soal pada buku teks
matematika kurikulum 2013 dengan kurikulum Cambridge berdasarkan level
kognitif taksonomi bloom, bentuk representasi, fitur kontekstual, dan bentuk
respon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis
analisis isi. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri, tetapi dalam
prosesnya peneliti dibantu oleh rater sebagai konsistensi pengukuran yang
dilakukan peneliti terhadap item-item dalam alat ukur. Peneliti menganalisis buku
teks yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan kurikulum Cambridge. Desain yang
digunakan adalah desain studi kasus yang ditunjukkan dengan diagram alur. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi yang dilakukan dengan
memberikan skor tiap-tiap kategori untuk bab teorema pythagoras pada lembar
penilaian. Berdasarkan hasil penelitian pada aspek level kognitif, latihan soal pada
buku teks matematika kurikulum 2013 lebih fokus pada kategori C2 sampai dengan
C4 sedangkan pada buku teks matematika kurikulum Cambridge lebih fokus pada
kategori C2 sampai dengan C5. Pada aspek bentuk representasi, latihan soal pada
buku teks matematika kurikulum 2013 lebih memfasilitasi bentuk visual sedangkan
pada buku teks matematika kurikulum Cambridge lebih memfasilitasi bentuk
gabungan atau masalah yang disajikan memuat dua atau tiga kategori pada aspek
bentuk representasi (bentuk matematika murni, bentuk verbal, bentuk visual). Pada
aspek fitur kontekstual dan bentuk respon, latihan soal baik pada buku teks
matematika kurikulum 2013 ataupun buku teks matematika kurikulum Cambridge
sama-sama lebih memfasilitasi kategori bukan bentuk aplikasi dan tugas tertutup.


Ketersediaan
227305022K MTK-22022 LIF aPerpustakaan Pusat (Lantai 3)Tersedia - Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
K MTK-22022 LIF a
Penerbit
Cirebon : IAIN Syekh Nurjati., 2021
Deskripsi Fisik
xxi, 115 hlm: ilus; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Lifa Muflikhatul Maula
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Repository IAIN Syekhnurjati
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

    Link Perpustakaan

  • Candil Dispusipda Prov. Jabar
  • Perpustakaan Pascasarjana
  • Perpustakaan FITK
  • Perpustakaan FSEI
  • Perpustakaan FUAD
  • OneSearch PTKI Library (OSPL)
  • Perpustakaan Islam Digital
  • Jurnal Gratis Perpusnas
  • ebook perpusda indramayu

Tentang Kami

Sebagai pusat penyimpanan dan penyebar informasi ilmiah, Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon merupakan salah satu fasilitas pendukung yang berada di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bersama dengan unit-unit lain yang berada di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, keberadaan perpustakaan dimaksudkan untuk menunjang pendidikan, penelitian mahasiswa, pengajar dan karyawan, serta pengabdian masyarakat di bidang informasi melalui jasa layanan yang tersedia.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Chat Pustakawan Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik