Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon Telp. 0231-8491642

  • Beranda
  • Masuk
  • Visitor
  • Daftar Anggota Online
  • SKBPP
  • Usulan Buku
  • Survey Kepuasan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Penerapan Model Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Kerjasama Siswa pada Materi Bentuk Al-Jabar di MTs Nurul Huda

Textbook

Pengaruh Penerapan Model Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Kerjasama Siswa pada Materi Bentuk Al-Jabar di MTs Nurul Huda

Winda Nurul Azizah - Nama Orang; Dr. Muhammad Ali Misri, M.Si. - Nama Orang; Prof. Dr. Eti Nurhayati, M.Si. - Nama Orang;

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan
kerjasama siswa dalam pembelajaran khususnya dalam pelajaran matematika.
Diketahui juga bahwa proses pembelajaran yang dilakukan di kelas masih belum
diajarkan dengan optimal khususnya kerjasama siswa dalam kelas. Sehingga,
ketika proses pembelajaran berlangsung, beberapa siswa terlihat kurang antusias
terhadap pembelajaran, dan menyebabkan kerjasama siswa antar kelompok itu di
dominasi oleh beberapa siswa yang unggul saja. Oleh karena itu, diperlukan
model pembelajaran yang dapat meningkatkan tingkat kerjasama siswa. Salah
satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh dalam penggunaan
model Think Pair Share terhadap kemampuan kerjasama siswa. Metode penelitian
yang digunakan ialah pre-experimental, yaitu dengan penelitian dengan satu
kelompok pretes-posttes (One Grup Pretes-Posttest Design). Populasi penelitian
adalah seluruh siswa kelas VII MTs Nurul Huda Timbang, sedangkan sampel
penelitian adalah kelas VII.1. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes.
Berdasarkan analisis data respon angket siswa terhadap penerapan model
pembelajaran TPS adalah 73% (kategori baik). Sementara itu, analisis skor pretest
dan posttest siswa menggunakan uji paired t test, diperoleh nilai signifikansi
adalah 0,000. Oleh karena itu, terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest dan
posttest siswa yaitu 42,7 dan 79,53. Selanjutnya, diperoleh nilai n-gain adalah
0,32 (kategori sedang). Setelah itu, peneliti melakukan uji hipotesis menggunakan
rumus product moment, diperoleh hasil nilai signifikansi antara angket dan nilai
posttest adalah 0,457 (kategori sedang). Dengan demikian, seluruh data
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan
kemampuan kerjasama siswa kelas VII. Peneliti menyarankan bahwa model
pembelajaran TPS adalah salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat
diterapkan oleh guru dan diperlukan manajemen waktu seefektif mungkin agar
setiap langkah dalam pembelajaran TPS dapat dilaksanakan secara baik.


Ketersediaan
227305015K MTK-22015 WIN pPerpustakaan Pusat (Lantai 3)Tersedia - Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
K MTK-22015 WIN p
Penerbit
Cirebon : IAIN Syekh Nurjati., 2021
Deskripsi Fisik
xvii, 61 hlm: ilus; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Winda Nurul Azizah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Repository IAIN Syekhnurjati
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

    Link Perpustakaan

  • Candil Dispusipda Prov. Jabar
  • Perpustakaan Pascasarjana
  • Perpustakaan FITK
  • Perpustakaan FSEI
  • Perpustakaan FUAD
  • OneSearch PTKI Library (OSPL)
  • Perpustakaan Islam Digital
  • Jurnal Gratis Perpusnas
  • ebook perpusda indramayu

Tentang Kami

Sebagai pusat penyimpanan dan penyebar informasi ilmiah, Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon merupakan salah satu fasilitas pendukung yang berada di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bersama dengan unit-unit lain yang berada di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, keberadaan perpustakaan dimaksudkan untuk menunjang pendidikan, penelitian mahasiswa, pengajar dan karyawan, serta pengabdian masyarakat di bidang informasi melalui jasa layanan yang tersedia.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Chat Pustakawan Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik