Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon Telp. 0231-8491642

  • Beranda
  • Masuk
  • Visitor
  • Daftar Anggota Online
  • SKBPP
  • Usulan Buku
  • Survey Kepuasan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Tugas Biologi Siswa Dalam Pembelajaran Daring I SMAN 1 Luragung

Textbook

Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Tugas Biologi Siswa Dalam Pembelajaran Daring I SMAN 1 Luragung

Ranti - Nama Orang;

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan siswa dalam mengerjakan tugas secara
daring dalam mata pelajaran biologi . Awal bulan Maret tahun 2020 Indonesia dikejutkan dengan
wabah virus corona (Covid-19) yang berdampak pada sistem pendidikan Indonesia sehingga mau
tidak mau pembelajarannya di alihkan di rumah dengan sistem pembelajaran dalam jaringan
(daring). Terlebih setiap mata pelajaran yang dihadapi siswa mempunyai kesulitannya masingmasing terutama dalam mata pelajaran biologi yang ingin penulis ketahui. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengkaji hubungan self-regulation siswa melalui pembelajaran dalam jaringan
(daring) terhadap prokrastinasi tugas biologi di SMAN 1 Luragung. Pendekatan penelitian ini
adalah kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di SMAN 1
Luragung yang telah diberikan tugas oleh guru dalam pembelajaran biologi secara daring. Subjek
penelitian sejumlah 58 siswa dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Instrumen yang
digunakan adalah skala prokrastinasi tugas dan skala regulasi diri. Koefisien item valid
prokrastinasi bergerak dari 0,337 sampai dengan 0,876, sedangkan koefisien item valid regulasi diri
bergerak dari -0,144 sampai dengan 0,883. Alat pengumpulan data berupa skala regulasi diri
dengan reabilitas 0,966 dan skala prokrastinasi tugas biologi yang memiliki reabilitas 0,942.
Analisis data dilakukan dengan teknik statistik product moment dari pearson. Hasil penelitian ini
menunjukan sebagian besar siswa memiliki tingkat regulasi yang sedang yaitu sebanyak 83% dan
prokrastinasi tugas biologi dalam kategori tinggi sebanyak 72%. Berdasarkan gender regulasi diri
siswa perempuan lebih tinggi 19% sedangkan pada siswa laki-laki 12,5 %. Prokrastinasi tugas pada
siswa perempuan lebih rendah 64% sedangkan pada siwa laki-laki 81,25%. Hasil uji statistik
diperoleh koefisien kolerasi sebesar -0,630. Hal ini menunjukkan adanya hubungan negatif dan
signifikan antara regulasi diri dengan prokrastinasi tugas dengan sumbangan efektif sebesar 39,7%.
Semakin besar regulasi diri yang dimiliki siswa maka semakin rendah prokrastinasi tugas yang
dilakukannya. Sebaliknya, semakin rendah regulasi diri yang dimiliki siswa maka semakin tinggi
prokrastinasi yang dilakukan. Selebihnya sebesar 60,3% terbentuknya prokrastinasi tugas biologi
dipengaruhi oleh faktor yang lain yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal
diantaranya kondisi fisik dan kondisi psikologis. Faktor eksternal diantaranya kondisi keluarga,
lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan siswa dalam mengerjakan tugas secara
daring dalam mata pelajaran biologi . Awal bulan Maret tahun 2020 Indonesia dikejutkan dengan
wabah virus corona (Covid-19) yang berdampak pada sistem pendidikan Indonesia sehingga mau
tidak mau pembelajarannya di alihkan di rumah dengan sistem pembelajaran dalam jaringan
(daring). Terlebih setiap mata pelajaran yang dihadapi siswa mempunyai kesulitannya masingmasing terutama dalam mata pelajaran biologi yang ingin penulis ketahui. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengkaji hubungan self-regulation siswa melalui pembelajaran dalam jaringan
(daring) terhadap prokrastinasi tugas biologi di SMAN 1 Luragung. Pendekatan penelitian ini
adalah kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di SMAN 1
Luragung yang telah diberikan tugas oleh guru dalam pembelajaran biologi secara daring. Subjek
penelitian sejumlah 58 siswa dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Instrumen yang
digunakan adalah skala prokrastinasi tugas dan skala regulasi diri. Koefisien item valid
prokrastinasi bergerak dari 0,337 sampai dengan 0,876, sedangkan koefisien item valid regulasi diri
bergerak dari -0,144 sampai dengan 0,883. Alat pengumpulan data berupa skala regulasi diri
dengan reabilitas 0,966 dan skala prokrastinasi tugas biologi yang memiliki reabilitas 0,942.
Analisis data dilakukan dengan teknik statistik product moment dari pearson. Hasil penelitian ini
menunjukan sebagian besar siswa memiliki tingkat regulasi yang sedang yaitu sebanyak 83% dan
prokrastinasi tugas biologi dalam kategori tinggi sebanyak 72%. Berdasarkan gender regulasi diri
siswa perempuan lebih tinggi 19% sedangkan pada siswa laki-laki 12,5 %. Prokrastinasi tugas pada
siswa perempuan lebih rendah 64% sedangkan pada siwa laki-laki 81,25%. Hasil uji statistik
diperoleh koefisien kolerasi sebesar -0,630. Hal ini menunjukkan adanya hubungan negatif dan
signifikan antara regulasi diri dengan prokrastinasi tugas dengan sumbangan efektif sebesar 39,7%.
Semakin besar regulasi diri yang dimiliki siswa maka semakin rendah prokrastinasi tugas yang
dilakukannya. Sebaliknya, semakin rendah regulasi diri yang dimiliki siswa maka semakin tinggi
prokrastinasi yang dilakukan. Selebihnya sebesar 60,3% terbentuknya prokrastinasi tugas biologi
dipengaruhi oleh faktor yang lain yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal
diantaranya kondisi fisik dan kondisi psikologis. Faktor eksternal diantaranya kondisi keluarga,
lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.


Ketersediaan
227306010K BIO-22010 RAN hPerpustakaan Pusat (Lantai 3)Tersedia - Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
K BIO-22010
Penerbit
Cirebon : IAIN Syekh Nurjati., 2021
Deskripsi Fisik
viii, 60 hlm: ilus; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
self-regulated Learning
prokrastinasi tugas biologi
Ranti
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Ranti
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • repository syekhnurjati
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

    Link Perpustakaan

  • Candil Dispusipda Prov. Jabar
  • Perpustakaan Pascasarjana
  • Perpustakaan FITK
  • Perpustakaan FSEI
  • Perpustakaan FUAD
  • OneSearch PTKI Library (OSPL)
  • Perpustakaan Islam Digital
  • Jurnal Gratis Perpusnas
  • ebook perpusda indramayu

Tentang Kami

Sebagai pusat penyimpanan dan penyebar informasi ilmiah, Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon merupakan salah satu fasilitas pendukung yang berada di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bersama dengan unit-unit lain yang berada di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, keberadaan perpustakaan dimaksudkan untuk menunjang pendidikan, penelitian mahasiswa, pengajar dan karyawan, serta pengabdian masyarakat di bidang informasi melalui jasa layanan yang tersedia.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Chat Pustakawan Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik