Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Jl. Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon Telp. 0231-8491642

  • Beranda
  • Masuk
  • Visitor
  • Daftar Anggota Online
  • SKBPP
  • Usulan Buku
  • Survey Kepuasan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design Berbasis Google Classroom untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Perubahan lingkungan

Textbook

Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design Berbasis Google Classroom untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Perubahan lingkungan

Alisiniya Lauffita Maulidi - Nama Orang;

Pendidikan sebagai pencetak sumber daya yang dituntut untuk menghasilkan
output sesuai kebutuhan manusia terutama pada pembelajaran, permasalahan yang
timbul di masa pembelajaran daring yaitu keterampilan berpikir kritis siswa yang masih
rendah dan pembelajaran didominasi oleh guru sebagai sumber informasi utama, salah
satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa yaitu menerapkan
model pembelajaran Meaningful Instructional Design berbasis Google Classroom.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui keterlaksanaan setiap
tahapan model pembelajaran Meaningful Instructional Design berbasis Google
Classroom (2) perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang
menggunakan model pembelajaran Meaningful Instructional Design berbasis google
classroom dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Meaningful
Instructional Design berbasis Google Classroom (3) respon siswa terhadap
pembelajaran biologi yang menggunakan model pembelajaran Meaningful Instructional
Design berbasis Google Classroom.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan
desain pretest-postesttt control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA sebagai kelas kontrol
SMAN 1 Babakan Cirebon dengan masing-masing kelas jumlah 32 siswa. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan angket. Data yang
diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik meliputi uji normalitas,
uji homogenitas dan uji t (hipotesis).
Hasil peneilitan menunjukan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran
Meaningful Instructional Design berbasis Google Classroom pada materi perubahan
lingkungan di kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Babakan Cirebon berjalan dengan baik
dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan rata-rata persentase pertemuan pertama 63%
dan pertemuan kedua 77%. Berdasarkan hasil uji hipotesis keterampilan berpikir kritis,
hasi statistic menunjukan bahwa nilai sig. 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa Ho ditolak
dan Ha diterima, dengan demikian dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan
peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang signifikan anatara siswa kelas
eksperimen yang dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil respon siswa terhadap penerapan
model pembelajaran Meaningful Instructional Design berbasis Google Classroom
berdasarkan interpretasi rata-rata yang diperoleh persentase 76% respon yang
menunjukan respon kuat. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat ditarik
kesimpulan, terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkan
model pembelajaran Meaningful Instructional Design berbasis Google Classroom.


Ketersediaan
227306009K BIO-22009 ALI pPerpustakaan Pusat (Lantai 3)Tersedia - Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
K BIO-22009 ALI p
Penerbit
Cirebon : IAIN Syekh Nurjati., 2021
Deskripsi Fisik
xiv, 79 hlm: ilus; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
keterampilan Berpikir Kritis
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Alisiniya Lauffita Maulidi
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • repository syekhnurjati
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Katalog Online Pusat Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon

    Link Perpustakaan

  • Candil Dispusipda Prov. Jabar
  • Perpustakaan Pascasarjana
  • Perpustakaan FITK
  • Perpustakaan FSEI
  • Perpustakaan FUAD
  • OneSearch PTKI Library (OSPL)
  • Perpustakaan Islam Digital
  • Jurnal Gratis Perpusnas
  • ebook perpusda indramayu

Tentang Kami

Sebagai pusat penyimpanan dan penyebar informasi ilmiah, Perpustakaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon merupakan salah satu fasilitas pendukung yang berada di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bersama dengan unit-unit lain yang berada di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, keberadaan perpustakaan dimaksudkan untuk menunjang pendidikan, penelitian mahasiswa, pengajar dan karyawan, serta pengabdian masyarakat di bidang informasi melalui jasa layanan yang tersedia.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Chat Pustakawan Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik